mm

Monday, August 31, 2009

Partai Oposisi Jepang Menang Telak


Partai oposisi menang telak dalam pemilu di Jepang, Minggu (30/8). Demikian hasil exit poll oleh semua jaringan televisi utama Jepang.

Jika hasil ini benar maka berakhir sudah kejayaan kelompok konservatif yang telah mendominasi pemerintahan di Jepang dalam 54 tahun terakhir.

Partai Demokratik Jepang (DPJ) yang beraliran kiri tengah diprediksi memperoleh 300 dari 480 kursi di parlemen tingkat rendah. Partai ini mengalahkan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang telah memerintah Jepang sejak 1955.

Kekalahan LDP yang secara tradisional probisnis dan konservatif membuka peluang Yukio Hatoyama, pimpinan Partai Demokratik untuk menggantikan Perdana Menteri Taro Aso dan membentuk kabinet baru. Kabinet baru diperkirakan terbentuk dalam beberapa pekan mendatang.
Hasil pemilu ini dipandang sebagai rasa frustrasi atas merosotnya ekonomi Jepang, terburuk sejak Perang Dunia II. Rakyat tak mempercayai kemampuan LDP lagi untuk mengatasi masalah-masalah besar seperti meroketnya utang nasional dan bertambahnya penduduk usia lanjut.

Sementara itu, DPJ mampu merangkul pemilih dengan platform lebih populis. Partai ini dianggap lebih menjanjikan bagi keluarga beranak, petani dan kalangan gaji minimal lebih tinggi.

Demokrat juga berjanji lebih independen dalam berhubungan dengan AS, dan akan meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangga di Asia, termasuk China. Namun, Hatoyama yang merupakan doktor teknik lulusan Stanford University menegaskan tidak akan melakukan perubahan drastis dalam kebijakan luar negeri Jepang.

Sekjen LDP, Hiroyuki Hosoda mengatakan dia dan dua petinggi partai berencana mengajukan pengunduran diri. Sementara itu hasil ini tentu saja membuat kubu DPJ girang. "Kami bekerja keras untuk meraih perubahan kepemimpinan dan kini hampir menjadi kenyataan. Terima kasih atas dukungan pemilih. Kami merasa bertanggungjawab untuk memenuhi setiap janji-janji kampanye," kata Yoshihiko Noda, anggota senior DPJ.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda!

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Said's Blog © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu